Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas



DokDin.ID - Dalam satu minggu pertama masa nifas, biasanya ibu nifas akan melakukan kunjungan kontrol pada Dokter kandungan atau Bidan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ibu pasca persalinan. 

 Pemeriksaan kesehatan ibu selama satu minggu pertama masa nifas bertujuan untuk menganalisa nyeri pasca persalinan, perawatan luka perineum pasca episiotomi pada persalinan normal atau penyembuhan luka jahitan post caesar. 

 Kunjungan satu minggu pertama masa nifas ini sangat penting untuk pencegahan infeksi, edukasi pemberian ASI eksklusif , konsultasi penggunaan kontrasepsi, sampai keluhan-keluhan lain yang dirasakan ibu pasca melahirkan, misalnya ada tidaknya kemungkinan terjadi depresi post partum. 

Pentingnya satu minggu pertama masa nifas ini mengharuskan ibu melakukan kontrol pasca persalinan pada Dokter atau Bidan, yang dalam standar pelayanan kebidanan, sebaiknya ibu nifas melakukan kontrol pada hari ke-3 pasca persalinan. 

 Saat ibu melakukan kontrol pada satu minggu pertama masa nifas, Dokter atau Bidan akan melakukan pemeriksaan sbb. 

 1. Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas : Involusi Uterus 

 Dokter atau Bidan akan memastikan apakah proses involusi uterus (proses kembalinya ukuran rahim yang membesar ke ukuran rahim sebelum hamil) berjalan dengan normal, ada/tidaknya perdarahan yang menjadi penyebab kematian ibu pasca persalinan yang paling sering, dan ada/tidaknya bau yang tidak normal yang berasal dari lokia. 

 2. Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas : Hubungan Ibu & Bayi 

 Dalam satu minggu pertama masa nifas, biasanya ibu akan kesulitan dalam memberikan ASI pada bayi. Karena menyusui adalah proses belajar antara ibu dan bayi. Meskipun ibu sudah pernah menyusui bayi sebelumnya, tidak menjamin bahwa ibu tidak mengalami kesulitan memberi ASI, terutama pada satu minggu pertama masa nifas. 

 Dalam kunjungan kontrol ke dokter atau bidan inilah, sang ibu dapat berkonsultasi jika mengalami kesulitan dalam pemberian ASI. 

 Ibu yang menyusui akan memerlukan makanan dengan gizi seimbang terutama kebutuhan protein, vitamin, dan mineral. Jangan lupa untuk menambahkan 500 kalori dari kebutuhan kalori ibu yang tidak menyusui, setiap harinya, agar jumlah ASI dapat mencukupi kebutuhan bayi. 

 Rata-rata kebutuhan kalori ibu menyusui adalah 2300-2700 kalori dalam satu hari. Untuk kebutuhan protein, dapat ditambahkan 20 gram setiap harinya. 

Ibu menyusui juga membutuhkan 2-3 liter asupan cairan, baik dalam bentuk air putih, jus buah, atau susu. 

Ibu dianjurkan untuk menyusui sebanyak 1 gelas (250ml) setiap kali menyusui. Jangan lupa menambahkan suplemen vitamin dan mineral karena kebutuhan ibu menyusui terhadap vitamin dan mineral jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan masa hamil. 

 3. Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas : Deteksi Dini Infeksi Masa Nifas 

 Dalam satu minggu pertama masa nifas adalah masa yang paling rentan untuk terjadinya infeksi masa nifas. 

 Karenanya, kontrol ke Dokter atau Bidan dalam satu minggu pertama masa nifas adalah sangat penting, untuk mendeteksi adanya infeksi masa nifas, yang biasanya diawali dengan gejala demam. 

 4. Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas : Senam Nifas 

 Senam nifas penting dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pasca persalinan. Tanyakan pada Dokter atau Bidan Anda tentang gerakan-gerakan senam nifas yang tepat. 

 5. Pentingnya Satu Minggu Pertama Masa Nifas : Pencegahan Gangguan Jiwa Pasca Melahirkan 

Dikatakan baby blues paling rentan terjadi pada satu minggu pertama masa nifas. Saat ibu nifas kontrol dalam satu minggu pertamanya, Dokter juga akan menilai apakah ada kecenderungan terjadinya Gangguan Jiwa Pasca Persalinan. 

 Gangguan jiwa pasca persalinan yang dapat terjadi adalah baby blues, depresi, sampai psikosis pasca persalinan. Tanda-tanda awal terjadinya gangguan jiwa pasca persalinan adalah sulitnya merasakan kasih sayang ibu terhadap bayinya. 

 Pentingnya satu minggu pertama masa nifas mengharuskan setiap ibu nifas melakukan kunjungan kontrol pada Dokter atau Bidan yang membantu proses persalinannya.