Inilah Tanda Proses Penuaan

tanda proses penuaan, sign of aging, penuaan

DokDin.ID
- Proses penuaan tidak terjadi begitu saja. proses penuaan terjadi secara bertahap yang dimulai saat kita beruisa 25 tahun. Bahkan proses penuaan dapat terjadi sebelum usia 25 tahun. Proses penuaan yang terjadi di bawah usia 25 tahun dkatakan penuaan dini. 

 Sebenarnya adakah tanda yang dapat kita kenali saat proses penuaan mulai terjadi? 

Inilah tanda proses penuaan yang dapat kita kenali. 


1. Tanda Proses Penuaan : Tulang Menjadi Rapuh 

    Tulang mulai mengalami pengeroposan seiring dengan bertambahnya usia kita. Saat pengeroposan tulang sudah terjadi, tulang menjadi rapuh sehingga mudah patah. Cairan sendi pun akan ikut berkurang produksinya saat pengeroposan mulai terjadi akibat proses penuaan sehingga setiap kali sendi begerak menimbulkan nyeri. pengeroposan dan berkurangnya cairan sendi juga dapat terjadi di tulang belakang. Sebagai penopang tubuh, ketika tulang belakang mengalami osteoporosis, maka bentuk tubuh tidak akan tegak lagi, melainkan dapat membungkuk, atau tubuh akan tampak miring. 

2. Tanda Proses Penuaan : Kuku Kusam 

    Ketika proses penuaan terjadi, warna kuku menjadi lebih kusam. Kuku dapat berwarna kuning kecoklatan, coklat, atau kehitaman, dan harus dapat dibedakan dengan penyakit jamur kuku. Kuku juga terasa sangat keras jika dipotong.

3. Tanda Proses Penuaan : Perubahan Gigi 

    Perubahan gigi yang terjadi saat proses penuaan terjadi disebabkan oleh pengikisan lapisan terluar gigi, yaitu lapisan email. Terkikisnya lapisan email gigi akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Lapisan email yang terkikis akan berpotensi mengalami keropos lalu tanggal.

4. Tanda Proses Penuaan : Penurunan Fungsi Otak 

    Ketika proses penuaan terjadi maka fungsi otak akan menurun. Fungsi otak yang menurun menyebabkan seseorang menjadi pikun. Sering lupa bisa juga terjadi pada usia yang lebih muda karena tingkat stres yang tinggi.


5. Tanda Proses Penuaan : Perubahan Kulit 

    Kulit yang keriput merupakan salah satu tanda proses penuaan yang mudah sekali dikenali karena tampak dari luar sehingga. mudah terlihat. Proses penuaan yang menyebabkan berkurangnya produksi kolagen menimbulkan gejala kulit menjadi keriput, kulit menjadi kendur, pori-pori kuliat membesar, warna kulit kusam, timbul flek hitam, dan adanya penumpukan lemak di bawah kulit.
    

6. Tanda Proses Penuaan : Perubahan Rambut 

    Saat proses penuaan terjadi, rambut menjadi lebih mudah rontok, semakin lama semakin menipis, rambut kering, kusam, rambut kusut, dan kasar. Mirip dengan rambut yang rusak.


7. Tanda Proses Penuaan : Membutuhkan Kacamata Baca

    Ketika proses penuaan terjadi, penurunan fungsi mata menyebabkan seseorang membutuhkan kacamata baca untuk membaca. Hal ini karena presbiopia atau mata tua, sudah terjadi. Seseorang akan mengalami rabun dekat ketika presbiopia terjadi.