Jumat, 07 Agustus 2020

Tempat Tidur Rumah Sakit Benar-Benar Aman? Banyak Pasien Yang Jatuh!


dokdin.id - Tempat tidur rumah sakit sudah didesain sedemikian rupa untuk menjamin keselamatan pasien saat sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien rawat jalan dan rawat inap adalah pengguna utama dari tempat tidur rumah sakit ini. Namun, apakah tempat tidur rumah sakit benar-benar aman?

Ternyata, pertanyaan apakah tempat tidur rumah sakit benar-benar aman ini mempunyai jawaban .... 

Tempat tidur rumah sakit ternyata tidak benar benar aman jika praktek keselamatan pasien di rumah sakit tidak dijalankan secara benar. 

Dari salah satu jurnal tentang insiden keselamatan pasien yang berkaitan dengan tempat tidur rumah sakit tercatat jatuh dari tempat tidur rumah sakit, terjebak di 'bedrail' tempat tidur rumah sakit, dan infeksi nosokomial (atau yang sering disebut Hospital Acquired Infection, adalah kejadian tidak diharapkan yang paling sering terjadi berkaitan dengan tempat tidur rumah sakit.


Insiden pasien jatuh di rumah sakit sendiri merupakan insiden yang paling sering terjadi di rumah sakit. Dan angka kejadian pasien jatuh dari tempat tidur rumah sakit menempati urutan ketiga setelah pasien jatuh saat transfer atau pemindahan ruangan dan pasien jatuh di toilet.

Untuk mencegah pasien jatuh dari tempat tidur rumah sakit, pihak rumah sakit menyediakan tempat tidur yang dilengkapi dengan 'bedrail' atau penyangga di sisi tempat tidur, namun apakah tempat tidur rumah sakit benar-benar aman karena sudah dilengkapi 'bedrail' sejak lama? 

Ternyata,,,

Pasien yang banyak jatuh dari tempat tidur rumah sakit adalah mereka dengan tempat tidur rumah sakit yang menggunakan 'restrictive bed rail'. 


Ini terjadi ketika kedua sisi 'bedrail' terpasang, dan pasien hendak bangun dari tempat tidur, hendak pergi ke toilet misalnya, mereka tidak bisa menurunkan bedrail, dan tidak ada asisten atau keluarga yang menjaga pasien, kebanyakan pasien akan melompati bedrail dan akhirnya TERJATUH.


Dampak pasien jatuh dari tempat tidur rumah sakit sangat variatif. Dari salah satu penelitian, dampak yang banyak terjadi akibat pasien jatuh dari tempat tidur rumah sakit adalah status mental yang terganggu misalnya pasien mendadak menjadi panik dan traumatik, cedera kepala, kelemahan otot bahu, dan  kehilangan kesadaran. Bahaya pasien jatuh dari tempat tidur juga bisa timbul kematian.